Cerita Apa Saja Tentang Kita

PERBEDAAN HAJI PLUS DAN FURODA

   
haji plus furoda

Beberapa waktu lalu melihat video Aurel Hermansyah berangkat haji, khususnya saat dia berjuang mencium hajar aswad. Yang terlintas di pikiran jadi pengen juga berangkat haji dan bisa cium hajar aswad minimal kabah juga seperti Aurel atau Mama Nur. Kamu pengen juga nggak?

Berangkat haji tentu jadi impian setiap insan beriman, karena haji adalah rukun terakhir dari lima rukun Islam yang harus dilakukan setiap orang yang mengaku dirinya muslim. Yang jadi tantangan adalah untuk haji reguler yang biayanya lebih terjangkau masa tunggunya amat panjang.

Misalnya untuk daerah Jawa Tengah sampai 33 tahun kurang lebih. Kalau daftar hajinya di usia 35 tahun baru bisa berangkat kira-kira usia 68 tahun. Kalau daftarnya usia 45 tahun? Duh…sudah nenek-nenek banget kan… Karena panjangnya masa tunggu ini sebagian muslimin memilih untuk umroh terlebih dahulu.

Pengennya berangkat ke Baitullah saat usia masih muda, fisik masih cukup prima, agar semua syarat dan rukun baik umroh maupun haji bisa dilaksanakan dengan sempurna. Untungnya saat ini ada alternatif untuk berangkat haji lebih cepat yakni dengan memilih haji furoda atau haji plus (ONH Plus).

Perbedaan Haji Plus dan Furoda


Berikut beberapa perbedaan haji plus dan furoda :

1. Masa Tunggu


Haji Plus atau ONH Plus ada masa tunggunya yaitu 5-8 tahun, sedangkan haji furoda tidak ada masa tunggu, karena jamaah bisa langsung berangkat di tahun saat dia mendaftar ataupun di tahun berikutnya jika mendaftarnya setelah selesai musim haji tahun itu. Haji furoda sering disebut haji tanpa antri.

2. Visa yang Digunakan


ONH Plus menggunakan visa resmi kuota pemerintah, sedangkan furoda menggunakan visa undangan kerajaan atau biasa disebut visa mujamalah. Awalnya visa furoda sempat dipermasalahkan namun saat ini visa furoda sudah legal dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Di Pasal 18 Ayat (1) UU tersebut menerangkan bahwa visa haji Indonesia ada 2 jenis, yaitu visa haji kuota negara dan visa haji mujamalah (furoda).

3. Biaya yang Diperlukan


Biaya yang diperlukan untuk Haji Plus biasanya lebih murah daripada haji furoda. Kisaran harga haji plus yaitu $16000 - $19000, sedangkan haji furoda $25000 - $60000. Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan biaya untuk visa hajinya, serta sebagian layanannya.

4. Uang Muka yang Dibayarkan


Untuk mendapatkan satu porsi haji plus diperlukan sekitar $4500-$6000, dan untuk uang muka haji furoda $10000 - $15000.

5. Pengurusan Dokumen


Untuk haji plus setelah pembayaran uang muka, bukti bayar dan dokumen kelengkapan seperti KTP, KK, dan pasfoto dilaporkan oleh biro travel ke kantor Kementerian Agama untuk segera didaftarkan porsi haji. Sedangkan untuk haji furoda sepenuhnya diurus oleh biro travel yang berizin PIHK.

6. Waktu Keluarnya Visa


Haji plus visanya keluar lebih cepat dan lebih bisa dipastikan karena haji plus ini dalam kontrol pemerintah langsung. Sedangkan haji furoda seringnya visa keluar last minute, atau mepet dengan tanggal keberangkatan.

Persamaan Haji Plus dan Furoda


Selain perbedaan, ada pula beberapa persamaan antara haji plus dengan haji furoda, antara lain :

1. Tempat Pendaftaran


Pendaftaran haji plus dan haji furoda sama- sama melalui biro travel yang sudah berizin PIHK (Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus). Berbeda dengan haji reguler yang pendaftarannya langsung ke kantor departemen agama.

2. Durasi Pelaksanaan


Pelaksanaan haji plus dan furoda rata-rata sekitar 23-25 hari sejak keberangkatan hingga kepulangan ke tanah air. Sedangkan haji reguler adalah 40 hari.

3. Fasilitas


Untuk fasilitas maskapai penerbangan haji plus dan furoda biasanya menggunakan maskapai direct (penerbangan tanpa transit) semacam Garuda Indonesia atau Saudia Airlines, dan hotel yang digunakan adalah hotel bintang lima yang relatif dekat dengan masjid. Berbeda dengan haji reguler yang bisa berjarak berkilo-kilo antara hotel dengan masjid.

Yang Perlu DIperhatikan Saat Memilih Paket Haji


Meskipun nampaknya sama, akan tetapi perlu dicermati beberapa hal berikut saat akan memutuskan untuk berangkat haji :

Pastikan Biro Travelnya Berizin

Sama dengan umroh, untuk hajipun pastikan biro travelnya memiliki izin khusus untuk penyelenggaraan haji, yakni PIHK. Jangan sampai terjebak dengan biro abal-abal yang tidak jelas. Perjalanan haji adalah perjalan jauh dan lama, sehingga penting memilih biro travel dengan track record yang baik dan terpercaya.  

Ketidakpastian Visa Furoda


Jika ditanya, mana yang lebih direkomendasikan untuk calon jamaah haji, aku bakal lebih menyarankan untuk haji plus, kenapa? Seperti yang sudah aku sebutkan di poin perbedaan di atas, yaitu terkait keluarnya visa.

Haji plus relatif lebih pasti keluarnya visa, sehingga kita bisa lebih tenang. Berbeda dengan furoda yang last minute banget, seringnya membuat calon jamaah cemas karena visa tidak kunjung keluar. Bahkan bisa jadi visa pada akhirnya tidak keluar. Meskipun uangnya tidak hangus, namun tentu akan kecewa dan mungkin malu kalau sudah terlanjur pamit dengan keluarga.

Fasilitas


Meskipun statusnya sama di hotel bintang lima, dan maktab AC, namun pada prakteknya jamaah haji plus biasanya lebih terjamin dengan fasilitas yang lebih baik. Biaya mahal haji furoda lebih karena harga visanya yang berlipat lebih mahal daripada haji plus.

Jadi jika memutuskan akan mendaftar haji furoda, harus menyiapkan hati untuk kondisi-kondisi yang mungkin akan terjadi dalam perjalanan pelaksanaan hajinya.

Hati-hati dengan Visa Non Haji


Dengan berbagai catatan di atas, tetap haji plus dan furoda bisa dijadikan alternatif yang aman untuk bisa haji lebih cepat karena keduanya menggunakan visa haji resmi. Mungkin Teman-teman ikut menyimak berita di musim haji kemarin kejadian-kejadian kurang mengenakkan yang terjadi terkait penggunaan visa non haji semacam visa ziarah dan sebagainya.

Pastikan saat mendaftar, terutama jika mendaftar haji furoda, visa yang digunakan betul-betul visa haji. Karena ada sebagian oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan jamaah dengan memberikan visa non haji, tapi dijuduli haji furoda. Hati-hati ya…

Kalau Teman-teman ragu bisa bertanya atau konsultasi dulu dengan orang yang lebih paham dan bisa dipercaya.

Nah, itu beberapa hal yang bisa aku berikan informasinya seputar haji plus dan furoda. JIka informasi ini dirasa bermanfaat, silahkan dibagikan seluasnya artikel ini. Kalau butuh ngobrol lebih jauh boleh hubungi aku melalui media sosial atau email ku yang ada di bagian bawah artikel ini ya.

Semoga Allah mudahkan untuk kita semua rezeki berhaji di usia yang masih muda, dan bisa berangkat haji segera dengan fasilitas yang terbaik bersama keluarga tercinta. Aamiin…

Cerita Rita | Tempat Cerita Apa Saja Tentang Kita
Seorang perempuan yang masih terus belajar jadi istri istri yang baik, ibu dari 5 anak, suka makan bakso dan pempek. Aktif di beberapa grup bisnis dan juga membina beberapa kelompok ngaji, suka berteman dengan siapa saja.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

20 komentar

  1. MaasyaAllah, lengkap infonya Bu Rita, jadi makin tercerahkan terkait haji plus dan haji furoda. Bismillah, ya Allah panggil kami untuk menyempurnakan agama kami dengan berhaji. Aamiin

    BalasHapus
  2. Baru tahu sedetail ini loh terkait perbedaan haji plus dan furoda, terimakasih infonya mbak rita. Saya jadi lebih tertarik dg visa haji plus, semoga kelak bisa berhaji dan memberangkatkan ortu dengan haji plus. Aamiin.

    BalasHapus
  3. bener banget mba, visa non haji ini bahaya lho.. bisa bisa ketangkep sama polisi sana, udah mending ga aneh2 yaa kalo haji harus lewat penyelenggara resmi aja

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah 20 thn yl ikut haji reguler. Waktu itu (eh...sekarang juga deng), ONH Plus kayak mahal bangeet. Baru tahu soal haji furoda malah akhir-akhir ini. Malah engga pasti ya, nunggu undangan raja.
    Baru tahu juga di FB, yg haji tapi pakai visa ziarah, trus malah ketahuan. Duuh...ngenes.
    Terima kasih artikelnya, jadi lebih paham...

    BalasHapus
  5. Masya Allah, lengkap banget.
    Semoga saya dan semuanya yang belum pernah haji, dimampukan Allah melalui haji apapun itu.
    Kalau Allah menghendaki, biaya haji Furoda segitu pun, insya Allah bisa dicapai, aamiin

    BalasHapus
  6. Berarti kudu sangat berhati-hati saat memilih biro haji ya, jangan sampai kita mengalami penipuan, dibilang visa haji pada kenyataannya bukan

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah jadi paham perihal haji, banyak pilihan ya untuk bisa melaksanakan ibadah satu inj. Semoga allah memberi saya kesempy berhaji dan umroh

    BalasHapus
  8. Berarti kemungkinan keluarga Atta menggunakan Haji Furoda yaa..
    Tapi mashaAllaa~ aku ikutan nangis kalau melihat kemudahan-kemudahan yang bisa diperoleh. Itu semua karena amal perbuatan yang baik juga sehingga segalanya lancar.
    Barakallahu fiik~
    Jadi paham sekarang lika-liku berhaji selain haji reguler.

    BalasHapus
  9. iya nih 2 tahun belakangan kayaknya lagi rame banget haji dengan visa ziarah yang harganya mungkin tak semahal onh plus apalagi furoda. cuma ya karena bukan visa haji jadinya ada beberapa hal yang pastinya membuat jamaah tidak bisa beribadah dengan nyaman

    BalasHapus
  10. MasyaAllah infonya lengkap, Kak. Berarti memang harus waspada dan jeli melihat segala dokumen persiapan haji ya, Kak. Terutama terkait visanya, jangan sampai kena tipu dengan visa haji abal-abal, ya.

    Semoga kita semua dimudahkan untuk beribadah haji, entah yang reguler, ONH Plus, maupun Furoda, lancar segala sesuatunya dan mendapat banyak kemudahan dalam prosesnya. Aamiin...

    BalasHapus
  11. Aamiin aamiin ya rabbal alamiin. Teringat keluarga Raffi Ahmad yang bisa berhaji di usia relatif muda. Masyaallah itu suatu kebahagiaan yang tidak terkira karena bisa melaksanakan rukun haji dengan badan yang masih bugar.

    BalasHapus
  12. Baca judulnya langsung nyes semoga kita segera menyentuh ka'bah dan jadi makin banyak tahu perbedaan dan pesamaannya, semoga dilancaran untuk yang berniat berangkat haji aamiin

    BalasHapus
  13. Semoga Allah takdirkan kami haji di usia muda. Aamiin. Terima kasih Bu Rita sharingnya. Siap-siap nabung haji plus nih, insyaAllah.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, jadi lebih tahu bedanya haji plus dan haji furoda. terima kasih informasinya Bu Rita.

    BalasHapus
  15. Kalau ada rezeki, pengen sekali ikut haji furoda atau ONH plus...untuk haji reguler, pendaftaran memang harus sedini mungkin ya..semoga ada rezeki nya bagi kita semua.

    BalasHapus
  16. Informasinya lengkap sekali, terima kasih bu. Semoga Allah mampukan kami mengunjungi baitullah.

    BalasHapus
  17. Di musim haji tahun ini seliweran artis tanah air yang tiba-tiba haji, dan ternyata pake visa haji furoda. Ternyata begini yaa perbedaannya dengan haji plus. Terimakasih banyak ya bu untuk penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga rezekinya nular sama kita, Mbak. Bisa haji di usia relatif muda memang impian banget. Btw, jadi salah alamat, ya, kalau ada yang nyinyirin haji furoda karena dianggap mengambil jatah haji reguler. Jelas-jelas visa-nya juga berbeda.

      Hapus
  18. Masya Allah yaa semoga nanti kebagian rezeki bisa berangkat haji plus atau furoda. Di tempatku haji regular 16 tahun, mungkin yang plus lebih singkat dari 5 tahun sih.

    BalasHapus
  19. Masyaallah antrian haji regular memang panjang banget, kalau sudah daftar reguler apakah bisa berubaha daftar ke haji plus ya, di jatim panjang memang sudah daftar 10 tahun lalu tapi antriannya wow banget jadi masih enath kapan ini

    BalasHapus

Posting Komentar